1,000 Places to See Before You Die 2015 Page-A-Day Calendar

1,000 Places to See Before You Die 2015 Page-A-Day Calendar

B. Indonesia 1. Tuliskan arti kata-kata berikut dalam kamus KBBI:
a. Semboyan c. suku
b. Survei d. bertoleransi

2. Tulislah ringkasan berdasarkan isi teks "Keragaman Agama dan Suku Bangsa di Indonesia"!


Tolong di jawab ya kakkk ^_^​

1. Tuliskan arti kata-kata berikut dalam kamus KBBI:
a. Semboyan c. suku
b. Survei d. bertoleransi

2. Tulislah ringkasan berdasarkan isi teks "Keragaman Agama dan Suku Bangsa di Indonesia"!


Tolong di jawab ya kakkk ^_^​

Jawaban:

1.a)Semboyan = Perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntunan (pegangan hidup).

b)suku diartikan sebagai golongan bangsa sebagai bagian dari bangsa yang besar. Sementara suku bangsa adalah kesatuan sosial yang dapat dibedakan dari kesatuan sosial lain berdasarkan kesadaran identitas perbedaan kebudayaan, khususnya bahasa.

c)Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), survei artinya ada 2, yaitu: 1. teknik riset dengan memberi batas yang jelas atas data, penyelidikan, peninjauan. 2. pengukuran (tanah).

d) Toleransi adalah sikap manusia untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan, baik antarindividu maupun kelompok.

2. Sejak dahulu kala,bangsa Indonesia hidup dalam keragaman.Hal itu pun tergambar dalam semboyan negara yang berbunyi Bhinneka Tunggal Ika.Bangsa Indonesia terdiri atas 1.300 suku, dengan suku bangsa terbesar adalah suku Jawa.

Banyaknya jumlah suku bangsa tersebut diiringi oleh beragamnya agama yang dianut oleh bangsa Indonesia.Penduduk Indonesia tercatat ada yang memeluk agama Islam, Kristen,Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.Para pemeluk agama-agama ini pun tinggal menyebar di seluruh Indonesia.

Walaupun berbeda, bangsa Indonesia tidak terpecah belah.Sesuai semboyannya, Bhinneka Tunggal Ika yang berarti walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu.Di tengah keragaman suku dan agama,kita bisa belajar dan mengembangkan hidup bertoleransi.Bertoleransi berarti mampu menghargai perbedaan.Suatu bangsa yang mampu bertoleransi dapat menciptakan kerukunan dan persatuan antar sesama.

Penjelasan:

maaf kalau salah.

jgn lupa follow aku ya,,tenang nanti ku fb kok.

dan kalau jawabannya betul jgn lupa jadikan jawaban terbaik.

oke byee

semoga membantu:)

[answer.2.content]